< Polres Inhil Raih Penghargaan IKPA dari Kapolda
logo

Polres Inhil Raih Penghargaan IKPA dari Kapolda

Polres Inhil Raih Penghargaan IKPA dari Kapolda

INDRAGIRI HILIR - Polres Indragiri Hilir (Inhil) berhasil menggapai peringkat ke tiga dari seluruh jajaran Polres se Polda Riau dalam penilaian sebagai pengguna anggaran terbaik berdasarkan IKPA dan realisasi anggaran semester I Tahun Anggaran 2024. 

IKPA adalah indikator yang penetapannya oleh Kementerian Keuangan selaku BUN untuk mengukur kualitas kinerja pelaksanaan anggaran belanja Kementerian Negara/Lembaga dari sisi kesesuaian terhadap perencanaan, efektivitas pelaksanaan anggaran, efisiensi pelaksanaan anggaran, dan kepatuhan terhadap regulasi.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Kapolda Riau Irjen Pol H. Muhammad Iqbal dalam acara Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Fungsi Perencanaan Polda Riau di Ballroom Hotel Pangeran Jalan Sudirman Pekanbaru, Rabu (31/7/2024). 

Kapolres Inhil AKBP Budi Setiawan mengucapkan rasa syukur atas penghargaan ini dan mengucapkan terima kasih kepada jajaran Polres Inhil atas kinerja anggaran yang terbukti mendapat apresiasi dari pimpinan atas. 

"Jangan terlena dan terlalu evoria atas keberhasilan ini, justru sebaliknya, tantangan kita kedepan semakin berat, setidaknya dalam mempertahankan predikat terbaik," ucap Kapolres.

kapolres Inhil menjelaskan IKPA menjadi perhatian dalam merealisasikan anggaran Polres Inhil. 

"IKPA digunakan sebagai alat monitoring dan evaluasi terhadap pelaksanaan anggaran. Sistem ini terintegrasi pada Online Monitoring (OM) SPAN yang mencerminkan kinerja satuan kerja atas kesesuaian perencanaan dan pelaksanaan anggaran,” jelas AKBP Budi. 

Ia juga menegaskan bahwa pimpinan Polres Inhil memberikan perhatian khusus pada penyelenggaraan keuangan untuk memastikan anggaran tepat guna dan tepat sasaran, serta menghindari penyelewengan.

“Alhamdulillah, berkat atensi dari pimpinan dan dedikasi semua personel, kami berhasil meraih penghargaan ini. Kami akan terus menjaga dan meningkatkan kualitas pengelolaan keuangan demi memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” terangnya.***