< Kunjungi Toko Oleh-Oleh Khas Inhil, ini Kata Kadin dan YVB
logo

Kunjungi Toko Oleh-Oleh Khas Inhil, ini Kata Kadin dan YVB

Kunjungi Toko Oleh-Oleh Khas Inhil, ini Kata Kadin dan YVB
Ketua Kadin Inhil dan Pembina YVB saat berkunjung ke Toko Aquarius

RIAUKLIK.COM - Ketua Kamar Dagang (Kadin) Inhil dan Pembina Yayasan Vioni Bersaudara meninjau toko oleh-oleh khas Inhil Aquarius yang beralamat di Jalan Baharuddin Yusuf Nomor 01, Kecamatan Tembilahan Kabupaten Indragiri Hilir, Sabtu 14 November 2020.

Saat dikonfirmasi awak media, ketua Kadin Inhil H. Ardiyansah  sangat mengapresiasi apa yang dilakukan oleh toko Aquarius  yang menyediakan tempat untuk pemasaran oleh-oleh khas daerah Inhil.

Ketua Kadin Inhil juga mengatakan apa yang dilakukan toko Aquarius sangat membantu perekonomian masyarakat kecil menengah karena sudah bisa melakukan penampungan olahan makanan dan produk dari masyarakat. 

Dirinya meyakini jikalau dipromosikan, toko Aquarius yang menyajikan makanan khas daerah Inhil bisa diketahui orang diluar Inhil sehinggga orang luar akan mampir dan membeli untuk oleh-oleh saat pulang ke daerahnya masing-masing.

"Kalau sudah dipromosikan  bersama-sama, bukan saja orang Inhil yang tau, orang luar Inhil pun tau, semoga saja saat berkunjung ke Kota Tembilahan bisa mampir dan membeli makanan khas daerah Inhil," imbuhnya.

Selanjutnya Ketua Kadin berharap kepada masyarakat khususnya warga Inhil agar berbelanja di toko Aquarius, karena selain rasanya enak, harganya juga terjangkau.

Semantara itu Pembina Yayasan Vioni Bersaudara, Marlis Syarif merasa bangga dengan toko Aquarius yang menyediakan makanan dan minuman masyarakat khas daerah Inhil.

"Selain makanan khas daerah Inhil, ada juga minuman kemasan botol paduan rasa  jahe yang selama ini sulit dicari di Inhil sehingga dengan adanya toko Aquarius jadi tinggal datang saja kesini," ucap Marlis.

Pemilik Toko Aquarius, Sri Rahayu yang akrab disapa Ayu menceritakan berdirinya toko Aquarius dimulai karena dirinya berfikir untuk membantu teman mempromosikan produk.

Wanita murah senyum ini menyebutkan, melangkah dari niat dan berfikir untuk bekerjasama dengan teman-teman UMKM membuka wadah toko oleh-oleh Inhil dan pusat kuliner Inhil sehingga berdiri dan opening Toko Aquarius pada tanggal 14 September 2020 lalu.

"Karena kita tau saat ini banyak pendatang datang ke Inhil, hal yang pertama akan mereka cari ialah makanan khas daerah. Maka dari itulah saya membangun usaha ini, guna membantu teman dan juga ingin memperkenalkan oleh-oleh khas Inhil kepada pendatang melalui kuliner," jelasnya

Meskipun masih baru, namun toko Aquarius yang memiliki moto Rasa Enak, Harga Hemat, Produk Lengkap ini sudah menjalin kerjasama dengan hotel-hotel. 

"Kita sudah melakukan kerjasama dengan lima hotel yang ada di Inhil," terang ayu

Wanita lulusan Fakultas Hukum ini mengatakan, sejak dibukanya toko Aquarius bukan hanya pendatang dari luar daerah saja yang berkunjung, meskipun konsep awal sasaran adalah pendatang, tapi sebagai toko yang memiliki sajian berbagai produk yang siap memanjakan lidah masyarakat juga diminati penduduk lokal.  

"Di toko Aquarius oleh-oleh Inhil banyak sekali menjual produk harian yang inovatif dan enak serta menjual aneka minuman segar dan kaya manfaat. Cemilan enak disertai aneka puding, kue dan cemilan kekinian aneka keripik. Insya Allah dalam waktu dekat akan menjual asesoris khas inhil seperti kaos Inhil dan mainan kunci produk kerajinan khas Inhil," jelasnya. 

Ayu mengajak para pelaku usaha yang bergerak di kuliner khas daerah masing-masing untuk sama-sama memperkenalkan produk-produk asli Inhil. 

"Toko ini menerima penitipan bagi masyarakat di daerah yang ingin menjual produknya untuk diperjual belikan kepada masayarakat," ulasnya. 

Ayu menambahkan, dalam prinsipnya untuk memperkenalkan makan-makan khas daerah ini butuh kerja sama, maka dari itu, ia mengajak semua pelaku usaha yang bergerak di bidang kuliner khususnya buah tangan untuk maju, berkembang, sukses  bersama.

"Jika ada yang ingin bergabung ataupun kerja sama bisa langsung datang ke toko Aquarius atau menghubungi kontak person saya 0813-8273-3302," tutup ayu.