< DPC FKDT Inhil Gelar Porsadin 3 Tahun 2019
logo

DPC FKDT Inhil Gelar Porsadin 3 Tahun 2019

DPC FKDT Inhil Gelar Porsadin 3 Tahun 2019
Ketua DPC FKDT Inhil memberikan piala bergilir Bupati Inhil kepada PAC FKDT Kecamatan Tembilahan selaku Juara Umum 1 tahun 2019


TEMBILAHAN- Kegiatan Pekan Olahraga dan Seni Antar Diniyah (Porsadin) ke 3 Kabupaten Indragiri Hilir tahun 2019 yang digelar oleh Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah (FKDT) berlangsung sukses.

Kegiatan yang digelar selama 2 hari, 30-31 Maret itu mengambil tema Bersama Diniyah Membina Karakter Bangsa dihadiri Bupati Inhil yang diwakili Asisten 3 RM Sudinoto, DPW FKDT Provinsi Riau, Jajaran DPC FKDT Inhil, perwakilan Kemenag Inhil dan bebrapa Anggota DPRD Inhil.

Ketua DPC FKDT Inhil, H. Suhaili Hamdi  HZ dalam sambutannya menyampaikan Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (MDTA) berperan sangat penting dalam membangun karakter bangsa.

"MDTA sebagai lembaga pendidikan islam kita harapkan mampu mempertahankan eksistensinya ditengah kemajemukan dan kemajuan budaya," ungkap H. Suhaili.

Dirinya juga menyebut, saat ini MDTA telah banyak tumbuh di semua lapisan masyarakat dan mulai sangat diperhatikan keberadaannya oleh pemerintah karena peran dan fungsinya yang strategis serta efektif dalam membangun karakter bangsa.

"Inhil saat ini memiliki sekitar 140 MDA/MDTA dengan 897 orang guru. Kali ini ada 11 kecamatan yang ikut kegiatan ini dengan peserta sekitar 356 orang. Kita harapkan kegiatan ini akan dapat menggali bakat dan potensi santri MDTA serta menjadi ajang silaturahmi antar MDTA," tutupnya.

Ketua DPW FKDT Provinsi Riau, Mukhlis, SPdI dalam kesempatan itu juga mengatakan, kegiatan 2 tahunan yang merupakan program FKDT dan Kementerian Agama ini dilaksanakan dari tingkat kecamatan, Kabupaten, Provinsi hingga nasional.

"Tingkat Provinsi akan kita laksanakan di Dumai dan tingkat nasional di Bangka Belitung. Mudahan-mudahan tahun ini perwakilan Kabupaten Inhil banyak bersaing di nasional," ucapnya.

Ketua Panitia Porsadin 3 Inhil, ust. Andi Eka Putra didampingi sekretaris panitia, Yuhardin menyampaikan kegiatan ini akan mempertandingkan 12 cabang lomba yaitu 
Tahfidz Juz Amma, MQK Safinatunnaja, cerdas cermat, pidato bahasa Indonesia, pidato bahasa Arab, MTQ, Murattal Wal Imla, Kaligrafi, puisi islami, lari sprint, bulu tangkis dan tenis meja. 
Pada tahun ini, Juara Umum 1 diraih oleh Kecamatan Tembilahan, Juara Umum 2 diraih Kecamatan Reteh dan Juara Umum 3 diraih Kecamatan Keritang. (Koy)