< Babinsa Desa Belaras Sigap Lakukan Patroli dan Sosialisasi Karhutla
logo

Babinsa Desa Belaras Sigap Lakukan Patroli dan Sosialisasi Karhutla

Babinsa Desa Belaras Sigap Lakukan Patroli dan Sosialisasi Karhutla



MANDAH - Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 08/Mandah, Serma M. Darmansyah secara rutin dan sigap terus melakukan patroli dan sosialisasi Kebakara  Hutan dan Lahan (Karhutla) di wilayah binaannya Desa Belaras Kecamatan Mandah Kabupaten Inhil, Kamis (28/3/2019).

Patroli dan Sosialisasi ini tidak hanya dilaksanakan di daerah yang rawan kebakaran hutan dan lahan namun di setiap kesempatan bersama masyarakat. 

"Kita berharap sosialisasi seperti ini mampu memberikan pencerahan serta kesadaran sosial dan hukum kepada masyarakat agar tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan secara sembarangan saat membuka lahan," ungkap Serma M. Darmansyah.

Babinsa Belaras ini juga tidak pernah bosan menyampaikan akibat dan sanksi hukuman apabila masyarakat terbukti sengaja membakar lahan sehingga berdampak dan merugikan orang lain.

"Ini tentunya juga merupakan bagian dari bentuk komunikasi dan koordinasi TNI serta memberikan pemahaman kepada masyarakat desa menuju masyarakat bebas api," tambah Serma Darmansyah.

Lebih jauh, menurut Serma Darmansyah, aksi membakar lahan sama sekali tidak dibenarkan, sehingga perlu mendatangi warga satu persatu agar masyarakat bisa sadar untuk bersama-sama memerangi Karhutla.

“Prinsipnya warga mau bersama-sama mendukung kegiatan ini dan akan menjaga hutan dan lahan agar tidak sampai terjadi kebakaran,” lanjutnya.

Serma Darmansyah juga mencontohkan selama ini penyebab dari kebakaran hutan dan lahan terjadi akibat kecerobohan oknum dalam membuka lahan itu sendiri dengan alasan dapat menghemat biaya dan tenaga, padahal efek dari kebakaran itu sangat banyak sekali dan sudah sering kita rasakan beberapa tahun yang lalu yaitu banyaknya kabut asap yang timbul sehingga dapat merusak kesehatan bagi yang menghirupnya, disamping itu juga dapat merusak ekosistem alam yang ada.

"Saat ini cuaca mulai ekstrim, panas terik. Kita harap masyarakat secara aktif ikut berpartisipasi dalam upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan dan segera melaporkan kepada pihak terkait apabila menemukan kejadian Karhutla,” harap Serma M. Darmansyah.

Sementara itu, Komandan Koramil (Danramil) 08/Mandah, Pelda Suriadi membenarkan jika Babinsa dibawah binaannya sudah diperintahkan untuk melakukan patroli dan sosialisasi Karhutla secara rutin terutama diwilayah yang rawan terjadinya kebakaran lahan dan hutan sehingga bisa meminimalisir terjadinya kebakaran hutan dan lahan. (Fahrin/rls)