< Cara Mengatasi Aplikasi 'tuyul' di Ponsel Android
logo

Cara Mengatasi Aplikasi 'tuyul' di Ponsel Android

Cara Mengatasi Aplikasi 'tuyul' di Ponsel Android


Untuk mencegah aplikasi 'tuyul' merajalela dan menjahili ponsel Android kita, ada perlindungan dari Google yang bisa diaktifkan.

"Google punya perlindungan yang namanya Play Protect. Cara mengaktifkan dan mematikannya, buka aplikasi Google Play Store, tap menu, lalu Play Protect," kata pengamat gadget Lucky Sebastian.

Jika sudah melakukan langkah tersebut, kalian akan menemukan tampilan seperti di bawah ini. Aktifkan 'Scan device for security threats' dan 'Improve harmful app detection' dengan menggeser tombol ke kanan hingga berwarna hijau.

"Secara berkala, Google akan 'me-remote' untuk scan aplikasi di smartphone kita yang ter-instal dan kemudian melaporkan, bahkan menghapus aplikasi berbahaya," kata Lucky.

Selain mengaktifkan Play Protect di Google Play Store, pengguna juga perlu memperhatikan sejumlah hal sebelum menginstal aplikasi agar terhindar dari aplikasi 'tuyul'.
Pertama, seperti disebutkan peneliti keamanan dari Vaksincom alfons Tanujaya, pastikan hanya mengunduh aplikasi lewat tempat resmi seperti Google Play Store atau Apple App Store.

Tidak disarankan mengunduh aplikasi dari sumber third party, apalagi sumber yang tidak jelas di internet.

Kedua, riset dan perhatikan nama developer aplikasi. Setidaknya, langkah ini memberikan gambaran tentang aplikasi yang akan di-install.

Ketiga, baca ulasan pengguna aplikasi. Sebisa mungkin hindari aplikasi yang mendapat ulasan kurang baik.

Keempat, gunakan antivirus terpercaya dan mampu mendeteksi malware dengan baik. Terakhir, selalu pantau Apps Permissions.

"Jika ada aplikasi yang meminta hak terlalu tinggi dan tidak masuk akal seperti aplikasi pinjaman meminta hak penuh atas kontak, SMS, melakukan panggilan telepon dan mengakses semua file, sebaiknya di-uninstall," tutup Alfons. 

Aplikasi tuyul ini sangat berbahaya jika dibiarkan berada diponsel kamu, selain data data yang dicuri, bahkan kuota internet kamu pun ikuy dicuri. Tentu saja ini sangat merugikan bagi kita semua  rugi secara finansial diakibatkan pencurian yang dilakukan oleh aplikasi tuyul. 

Untuk mencegah kejadian ini kamu perlu tahu apa saja aplikasi tuyul yang ada di Ponsel Android :

Sparkle FlashLight
Snake Attack
Math Solver
ShapeSorter Tak A Trip
Magnifeye
Join Up
Zombie Killer
Space Rocket
Baca selanjutnya >>>>