< 17 Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan yang Wajib Anda Ketahui
logo

17 Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan yang Wajib Anda Ketahui

17 Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan yang Wajib Anda Ketahui
Siapa yang tidak kenal dengan bawang putih, setiap hari dimenu masakan keluarga kerap kali ada bawang putih sebagai salah satu bumbu agar masakan menjadi enak dan gurih. Namun tahukah anda selain sebagai bumbu pada masakan bawang putih ternyata sangat bermanfaat berhasiat terhadap kesehatan kita. 

Tak tanggung-tanggung bawang putih mempunyai segudang manfaat bagi kesehatan. Mudah didapat dan murah segudang manfaat bisa di dapatkan, jarang kita mengetahui, berikut kami kutip dari liputan 6 com 17 manfaat bawang putih bagi anda. 


#1. Menambah semangat bagi pria

Manfaat bawang putih untuk pria adalah untuk menambah semangat dalam segala aktifitas, caranya dengan mengkonsumsi bawang putih yang dicampur dengan madu dan kuning telur

#2. Mencegah kanker

Senyawa sulfur bioaktif pada bawang putih diyakini memiliki efek pada setiap tahap pembentukan kanker. Senyawa ini dapat mempengaruhi proses biologis sehingga kanker tidak sempat dan tidak jadi terbentuk.

#3. Mengobati infeksi paru-paru

Sifat anti bakteri dan anti mikroba akan melawan kuman, bakteri, dan mikroba yang menjadi penyebab infeksi paru-paru.

#4. Menurunkan tekanan darah tinggi

Bawang putih mengandung antioksidan dan juga allicin. Kedua senyawa ini memiliki kemampuan untuk menurunkan tekanan darah tinggi dengan melancarkan sistem peredaran darah dan juga menyehatkan arteri.

#5. Membasmi kolesterol jahat

Mengkonsumsi bawang putih secara teratur sudah terbukti dapat meningkatkan produksi insulin pada tubuh. Dan juga secara signifikan dapat memangkas kolesterol jahat atau LDL hingga 15%. Tidak perlu khawatir, karena bawang putih tidak akan mempengaruhi kolesterol baik (HDL)

#6. Mengobati keputihan

Bawang putih sudah merupakan resep herbal turun temurun dikarenakan zat-zat yang mengandung sifat antibakteri dan antijamur, caranya cukup dengan mengkonsumsinya setiap hari

#7. Mencegah alzheimer dan demensia

Mengkonsumsi bawang putih dalam jumlah banyak terbukti dapat meningkatkan enzim antioksidan pada tubuh, hal ini akan mendukung mekanisme perlindungan tubuh terhadap kerusakan oksidatif sehingga dapat mencegah alzheimer dan demensia.

#8. Mengobati sakit gigi

Sakit gigi umumnya disebabkan oleh bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Nah, anti-bakteri pada bawang putih akan segera membasmi. Dan juga kandungan analgesiknya ampuh untuk mengurangi rasa sakit yang terjadi akibat sakit gigi.

#9. Meningkatkan imunitas

Semua kandungan yang ada pada bawang putih terutama vitamin C nya akan menguatkan sistem imunitas atau sistem kekebalan tubuh Anda. Anda bisa mengkonsumsinya baik dengan cara dimakan mentah maupun di jus.

#10. Meningkatkan metabolisme tubuh

Enzim alami yang ada pada bawang putih akan meningkatkan sistem metabolisme tubuh Anda.

#11. Membantu menurunkan berat badan

Dengan lancarnya sistem metabolisme tubuh seperti yang telah dijelaskan pada poin 8, maka lemak yang tertumpuk pada bagian tertentu pada tubuh akan berkurang.

#12. Mengobati sinusitis

Sifat anti bakteri pada bawang putih akan membantu mengurangi radang di rongga hidung.

#13. Mengobati flu

Tidak hanya sinusitis saja, bahkan bawang putih juga dapat mengobati flu.

#14. Mengobati psoriasis

Psoriasis merupakan penyakit kulit yang terjadi karena peradangan seperti kulit mengelupas, gatal, dan disertai nyeri.

#15. Mengobati jamur kaki

Sama halnya dengan poin 12, sifat anti-inflamasi dapat mengobati hingga sembuh jamur kaki dan juga dapat mengeringkan luka dan menyamarkan bekas jamur kaki.

#16. Menyuburkan rambut

Merawat rambut dengan bawang putih dapat memperkuat akar rambut sehingga meminimalisir kerontokan.

#17. Mengurangi tumbuhnya jerawat

Saatnya basmi penyebab jerawat dari akarnya, yakni dengan membersihkan darah. Caranya adalah rutin makan bawang putih sebanyak 1-2 siung setiap hari.

Dengan sederet manfaat diatas tentu saja bawang putih menjadi resep rahasia kesehatan anda untuk dikonsumsi setiap hari. Diimbangi dengan olahraga teratur dan cukup istirahat serta menjaga pola hidup mudah-mudahan kasehatan kita dapat terus terjaga. (***)